Selasa, 08 Januari 2013

Tips Mengajar Anak Usia TK (4-6 Tahun)



Terkadang mengajar anak usia TK tidaklah mudah, hal tersebut saya alami karena saat ini anak saya Selma usianya sudah 4 tahun. Kebetulan saya adalah seorang guru SMA sehingga untuk memahami anak dalam mengajarinya sedikit kesulitan karena selama ini saya terbiasa mengajar anak usia SMA. Terkadang saya menuntutnya terlalu berlebihan. Sebagai orangtua tentunya saya ingin  tahu bagaimana cara mengajar anak usia TK.Berikut adalah tips yang saya ambil dari sebuah web.

Tips mengajar siswa usia Taman Kanak-kanak (4-6 tahun)
1. Sabar,ramah dan ceria.

Seperti halnya siswa di usia play group, siswa taman kanak-kanak masih membutuhkan kesabaran ektra dari gurunya. Lagu-lagu, tepuk tangan, senyum ramah guru dan juga rewards (penghargaan) masih merupakan hal penting untuk mereka.

2. Memahami prinsip multiple intelligence dan mulai mengajak siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat dalam hal-hal yang sederhana..

Prinsip multiple intelligence juga sangat berguna di level ini. Perbedaan antara mengajar siswa taman kanak-kanak dan siswa play group adalah bahwa siswa di usia 4-6 tahun sudah mulai bisa dirangsang kemampuan logikanya. Guru sudah mulai bisa menanyakan pendapat siswa tentang suatu hal sederhana sehingga akan mempermudah guru mencari metode pengajaran yang tepat.

3. Mulai memberikan contoh mulai dari perilaku sederhana sehari-hari sampai contoh di dalam materi pelajaran.

Hal terberat yang harus dilakukan guru taman kanak-kanak adalah bagaimana menerapkan nilai-nilai, karakter baik, tata krama perilaku sehari-hari kepada siswa. Siswa Taman kanak-kanak adalah peniru yang handal. Seorang guru benar-benar harus bisa menjadi contoh yang baik karena siswa di level ini peka sekali terhadap setiap contoh yang dilihatnya.

Dalam memahami materi pelajaran, metode mengajar seperti metode Glen Doman untuk pengembangan bahasa juga sudah bisa diterapkan di level ini. Seorang siswa sudah dapat belajar membaca kata-kata yang ditulis dan dilafalkan oleh guru sebagai contoh. Siswa dapat menghafal dan memahami huruf-huruf sebagai proses membaca bersama guru dan teman-temannya di dalam kelas.Dalam hal ini guru sebenarnya sudah mengajarkan belajar kelompok dan prinsip kebersamaan kepada siswa-siswanya.

Bagi Anda yang memiliki anak usia 4-6 tahun mudah-mudahan tips ini dapat berguna dalam mengajar dan mendidik putra putri kita.

1 komentar:

  1. Ibu, apakah ada info yang membutuhkan guru TK/Playgroup.
    email saya : yosephamaria8@yahoo.co.id
    Terimakasih.

    BalasHapus