Senin, 14 Januari 2013

Mengatasi Anak yang Masih Ngompol

Kesal rasanya kalau anak kita masih ngompol padahal usianya sudah 4 tahun dan sudah sekolah. bagaimana tidak kesal kalau setiap pagi harus repot mengganti kain sprei dan
menurut informasi yang saya dapatkan dari ibudanbalita.com ada beberapa tips untuk mengatasi agar anak kita tidak lagi ngompol di kasur
 Agar anak tidak mengompol di malam hari maka bunda harus melakukan toilet training atau melatih kemampuan anak untuk menggunakan toilet. Jika di siang hari ia telah mampu, maka saat ini fokus latihan disasarkan pada penggunaan toilet di malam hari. Ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan :
1. Buat kesepakatan dengan anak bahwa saat ini bunda akan melatihnya untuk tidak mengompol lagi di malam hari.
2. Bunda bisa membuat kesepakatan mengenai hadiah apa yang bisa si kecil dapatkan jika ia bisa 'kering'dalam jangka waktu tertentu (misalnya 3 hari berturut-turut dst)
3. Buatlah tabel dimana bunda bisa memberikan tanda senyum setiap kali ia bisa bangun dalam keadaan kering.
4. Biasakan untuk pergi buang air kecil menjelang tidur.
5. Hentikan pemberian susu atau konsumsi air yang banyak menjelang tidur atau selama malam berlangsung. Jika saat ini si kecil masih minum susu beberapa kali di malam hari, hentikan agar kantong kemihnya tidak terlalu banyak muatannya.
6. Amati kebiasaan si kecil mengompol di malam hari, misalnya ia mengeluarkan perilaku atau suara tertentu, dan juga catat jam-jamnya. Dari pengamatan, bunda bisa menentukan kapan kira-kira bunda bisa mengajaknya untuk pergi ke kamar mandi untuk pipis. Jika si kecil tidak teratur waktu mengompolnya, bunda bisa melakukannya di setengah malam ia tertidur.
7. Saat si kecil mengompol di masa training, jangan berikan perhatian yang terlalu berlebihan. Kalaupun bunda ingin memberikan sangsi, bunda bisa membicarakannya dengan si kecil di awal bunda hendak membuat kesepakatan
.8. Diperlukan usaha yang konsisten dan juga dukungan agar si kecil bisa mencapai kemampuan tidak mengompol lagi.. Jadi tetap berikan dukungan dan usaha anda untuk si kecil.

selamta mencoba semoga anak anda tidak mengompol lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar